Peraih Medali Perak Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia 2021

Jonathan Prasetyo Johan, mahasiswa Program Studi Sarjana Matematika UNPAR angkatan 2018, berhasil memperoleh medali Perak dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2021 tingkat nasional.

Acara ini diselenggarakan dari tanggal 24 Agustus hingga 4 September 2021 oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Terdapat 2 tahapan pada kompetisi ini, yakni tingkat regional dan nasional.

Pada seleksi regional di Kopertis Wilayah IV, para peserta mengirimkan 3 macam video. Video pertama menjelaskan mekanisasi dan argumen dari topik. Video kedua merupakan respon dari kasus yang diberikan oleh Pusprenas. Karena sistem British Parliamentary, ia membuat kasus dan speech tentang closing government sebagai video terakhir. Setelah menjadi 10 terbaik di tingkat regional, para peserta lanjut ke tingkat nasional.

Pada tingkat nasional, terdapat 112 tim yang terdiri dari 2 orang sehingga total ada sebanyak 224 peserta. Pada tingkat ini, terdapat 6 ronde preliminasi dan octo-quarter ronde semifinal sehingga total ada 10 ronde. Skema setiap ronde dapat dilihat pada gambar di atas. Penempatan posisi setiap peserta pada setiap ronde diacak. Jonathan berhasil melaju babak demi babak bersama rekan setimnya Angelique Chandra, mahasiswa Hubungan Internasional UNPAR angkatan 2020.