Pengumuman Pemenang CTMC UNPAR 2023

Program Studi Sarjana Matematika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menyelenggarakan kembali lomba internasional tahunan yakni Canadian Team Mathematics Contest (CTMC) dalam format tim yang beranggotakan masing-masing 6 peserta. Soal-soal lomba ini dibuat oleh Centre for Mathematics and Computing (CEMC) University of Waterloo, Kanada. Lomba dimulai di Waterloo, Kanada pada 12 April 2023. Setelah itu, lomba tersebut diselenggarakan di seluruh dunia. Di Indonesia, UNPAR menyelenggarakan kegiatan ini pada 20 Mei 2023 secara daring melalui platform Zoom.

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) UNPAR Dr.rer.nat. Cecilia E. Nugraheni. Setelah itu, panitia menjelaskan aturan yang berlaku selama perlombaan. Terdapat tiga ronde dalam CTMC, yakni babak tim, babak individu, dan babak relay. Dalam babak tim, keenam peserta saling bekerja sama mengerjakan soal-soal. Selanjutnya, dalam babak individu, para peserta mengerjakan soal masing-masing secara terpisah. Pada babak relay, satu tim dibagi menjadi dua kelompok kecil yang masing-masing terdiri dari tiga anggota. Jawaban anggota pertama akan digunakan untuk menjawab soal anggota kedua. Begitu pula dengan jawaban anggota kedua akan digunakan untuk menjawab soal anggota ketiga.

Dekan FTIS UNPAR
Hasil CTMC UNPAR 2023

Nilai per tim diambil berdasarkan penjumlahan skor dari babak tim, babak individu, dan babak relay. Pemenang tim CTMC UNPAR 2023 adalah sebagai berikut:

  • Juara I Tim: SMA Wardaya yang terdiri dari Stanislaus Harglen Utama Sitompul, Jonatan Edrik Tanoto, Ray Michael Lutan, Oliver Amadeus, Carsten Olivier Rungkat, dan Sebastian Wilbert Winoto.
  • Juara II Tim: SIS Kelapa Gading yang terdiri dari Arkan Haikal Suratman, Juan Felix Kusnadi, Dexter Tjandra, Verdy Junez, John Haritz Cross, dan Brayden Andersen Lim.
  • Juara III Tim: SMAS Unggul Del yang terdiri dari David Amri Christ Siregar, Axel Morgan Sirait, Yavanka Gemayel Saragih, Joel Van Doli Marpaung, Hans Manik, dan Manuel Timothy Silalahi.
  • Juara IV Tim: SMA Santo Aloysius Bandung yang terdiri dari Ariya Kumara Wijaya, Guenevere Gunadi, Casey Sinclair, Klio Lysander, Kenneth Harrison Siswanto, dan Rafael Damian Dharmaputra.
  • Juara V Tim: SMA Santo Aloysius Bandung yang terdiri dari Koebi Gunawan, Reynard Nathanael, Andika Nugraha, Kristoforus Axel Hartanto, Michael Richard, dan Ethan NS.

Juara individual diambil berdasarkan skor tertinggi beserta waktu pengumpulan jawaban tercepat. Pemenang individual CTMC UNPAR 2023 adalah sebagai berikut:

  • Juara I Individu: Oliver Amadeus dari SMA Wardaya.
  • Juara II Individu: Juan Felix Kusnadi dari SIS Kelapa Gading.
  • Juara III Individu: Stefan Jaxith Sentosa dari SMA Wardaya.
  • Juara IV Individu: Manuel Thimothy Silalahi dari SMAS Unggul Del.
  • Juara V Individu: Rafael Damian D. dari SMA Santo Aloysius Bandung.
X