CTMC UNPAR 2021

Pada Sabtu 29 Mei 2021, Program Studi Matematika Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang bekerja sama dengan Centre for Education in Mathematics and Computing (CEMC) University of Waterloo kembali menyelenggarakan acara Canadian Team Mathematics Contest (CTMC). CTMC sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2019. Pada tahun 2020, CTMC juga direncanakan untuk diselenggarakan tetapi dibatalkan karena pandemi COVID-19. Karena pada tahun 2021 ini, keadaan belum membaik maka penyelenggaraan CTMC dilaksanakan secara daring dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan sosial. CTMC UNPAR dibuka dengan sambutan dari:

  • Bapak Mangadar Situmorang, Ph.D selaku Rektor UNPAR.
  • Ibu Dr.rer.nat. Cecilia Esti Nugraheni selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) UNPAR.
  • Bapak Jeff Anderson, B.Sc selaku perwakilan CEMC sekaligus korespondensi untuk lomba CTMC.

Mekanisme Perlombaan

Terdapat 3 babak dalam CTMC, yakni Babak Relay, Individu, dan Tim. Mekanisme dari ketiga babak tersebut dapat dibaca dengan klik link berikut ini. Semua babak di CTMC dilaksanakan melalui gabungan dari Zoom, Google Classroom, dan Google Sheet. Terdapat 30 tim yang berasal dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang bertanding dalam CTMC 2021 ini.

Pemenang CTMC UNPAR 2021

Top Team dihitung berdasarkan akumulasi skor dari babak relay, individu, dan tim. Oleh karena itu, Top Team CTMC UNPAR 2021 adalah SMA Santu Petrus Pontianak.

Top individual dari CTMC UNPAR 2021 ditentukan dari jumlah skor tertinggi di babak individual dan pengumpulan waktu tercepat jika skornya sama. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Juara 1 Individual diraih oleh Denzel Elden Wijaya dari SMA Fransiskus Bandar Lampung.

Juara 2 Individual diraih oleh Alfred Effendi Gunawan dari BINUS School Serpong.

Juara 3 Individual diraih oleh Mas Eaufrat Piustan dari SMA Santu Petrus Pontianak.

Apabila Anda tertarik untuk mengikuti CTMC, daftarkanlah diri Anda bersama tim pada CTMC UNPAR 2022!

Apakah Anda ingin mendapatkan soal latihan problem solving matematika setiap minggunya? CEMC University of Waterloo menawarkan berlangganan Problem of The Week GRATIS yang berisikan soal problem solving matematika SMA yang dikirimkan ke email setiap hari Kamis. Jawaban soal juga dikirimkan di minggu berikutnya. Soal-soal ini dikirimkan selama tahun ajaran berlangsung. Daftar sekarang di bit.ly/weekly-problem.