Studi Aktuaria di Matematika UNPAR

Siapa Aktuaris ?

Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan aktual pada sebuah bisnis khususnya yang berhubungan dengan risiko. Masalah bisnis tersebut dihubungkan dengan peristiwa yang terjadi di masa depan, kemungkinan peristiwa tersebut terjadi, kapan peristiwa tersebut akan terjadi dan berapa jumlah dana yang perlu disisihkan untuk mengatasi biaya yang muncul jika peristiwa tersebut terjadi (dikutip dari web Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI)).

Seorang Aktuaris umumnya bekerja di industri keuangan, seperti perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, perusahaan asuransi kesehatan, dana pensiun, konsultan aktuaria dan investasi. Saat ini Aktuaris dibutuhkan dalam pengelolaan resiko yang memerlukan kemampuan analisa dan logika yang kuat. Untuk menjadi seorang Ajun atau Fellow Aktuaris, seseorang harus lulus ujian profesi yang diselenggarakan oleh PAI. Lapangan pekerjaan sebagai Aktuaris terbuka sangat luas karena kebutuhan Aktuaris di Indonesia masih sangat tinggi sehingga Aktuaria menjadi pilihan studi yang sangat menjanjikan. Survey di beberapa negara menunjukkan profesi Aktuaris menjadi profesi dengan gaji tertinggi selama beberapa tahun terakhir.

Program Aktuaria di UNPAR

Kemampuan matematika dan statistika sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang aktuaris yang baik sehingga pendidikan aktuaria umumnya dikelola olah program studi matematika atau statistika. Aktuaria menjadi salah satu bidang minat dari Program Studi Matematika UNPAR. Ada banyak alasan mengapa Program Studi Matematika UNPAR menjadi pilihan untuk studi Aktuaria:

  1. Program Studi Matematika UNPAR memiliki peringkat akreditasi A sejak tahun 2005.
  2. Kurikulum Program Studi Matematika UNPAR, khususnya bidang minat Aktuaria, sejalan dengan mata ujian – mata ujian yang disyaratkan oleh PAI.
  3. Program Studi Matematika UNPAR bekerja sama dengan PAI untuk ujian penyetaraan. Saat ini ada 4 mata ujian PAI yang disetarakan dengan kelulusan mata kuliah di Program Studi Matematika UNPAR., yaitu A-10 : Matematika Keuangan, A-20 : Probabilita dan Statistika, A-50 : Metode Statistika dan A-60 : Matematika Aktuaria.
  4. Program Studi Matematika UNPAR bekerja sama dengan AAJI (Asosisasi Asuransi Jiwa Indonesia). Melalui kerjasama tersebut, mahasiswa Program Studi Matematika UNPAR yang memilih bidang minat Aktuaria memiliki kesempatan untuk memperoleh BEASISWA, kesempatan magang, dan bekerja di perusahaan yang tergabung dalam AAJI.
  5. Program Studi Matematika UNPAR menjadi salah satu partner dari READI Project (https://www.readiproject.com/). Melalui kerjasama tersebut mahasiswa UNPAR yang memilih bidang minat Aktuaria memiliki kesempatan untuk memperoleh BEASISWA. READI Project membantu penguatan bidang Aktuaria di UNPAR, antara lain melalui pemberian beasiswa studi lanjut dan workshop bidang Aktuaria untuk para dosen di Universitas Waterloo, Canada.

Untuk studi bidang Aktuaria di UNPAR, mahasiswa dapat mendaftar menjadi mahasiswa Program Studi Matematika melalui jalur PMDK, USM (Ujian Saringan Masuk), jalur khusus (a.l. undangan sebagai pemenang pada Kompetisi Matematika UNPAR), atau UMB-PTS (Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta).