Iniasiasi dan Adaptasi (SIAP) Mahasiwa Baru Matematika UNPAR 2020

Untuk mendukung upaya pemerintah guna pencegahan pandemi COVID-19, Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menyelenggarakan acara Inisiasi dan Adaptasi (SIAP) pada Rabu-Jumat, 9-11 September 2020 melalui berbagai platform secara daring.

Pada hari pertama, SIAP dilaksanakan secara serentak untuk satu universitas yang dipimpin oleh Rektor UNPAR, Bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. Terdapat upacara penerimaan mahasiswa baru di mana perwakilan mahasiswa baru dari setiap fakultas yang terdapat di UNPAR, yakni salah satunya Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS). Setelah itu, terdapat beragam sesi penanaman nilai SINDU (Spiritualitas dan Nilai Dasar UNPAR) untuk menjadi dasar pedoman bertindak bagi setiap anggota komunitas akademik UNPAR.

Pada hari kedua, setiap mahasiswa dibagi berdasarkan fakultas yang mereka ingin tempati. Para mahasiswa Program Studi Matematika UNPAR bergabung bersama mahasiswa dari Program Studi Fisika dan Teknik Informatika UNPAR mengikuti SIAP Fakultas yang dipimpin oleh Dekan FTIS, Ibu Dr.rer.nat Cecilia E. Nugraheni.

Pada siang hari, setiap mahasiswa FTIS pun dibagi lagi ke dalam SIAP Jurusan masing-masing. Mahasiswa Matematika UNPAR mengikuti sesi SIAP Jurusan Matematika yang dibawakan oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Matematika UNPAR yakni Ibu Dr. Erwinna Chendra. Pada sesi ini, beliau menjelaskan tentang hal-hal yang akan dipelajari mahasiswa Matematika selama kuliah, syarat kelulusan, program penyetaraan mata ujian Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) bagi mereka yang ingin menjadi aktuaris, serta berbagai aktivitas kemahasiswaan yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika UNPAR (HMPSMa). Sesi diakhiri dengan tanya jawab seputar aktivitas akademik dan non akademik mahasiswa baru terhadap Kaprodi.

Sesi terakhir pada hari kedua merupakan pengenalan HMPSMa. Pada sesi ini, mahasiswa baru diperkenalkan mengenai program kerja HMPSMA serta motivasi para pengurusnya untuk bergabung dalam organisasi yang menaungi setiap mahasiswa Matematika UNPAR. Terdapat juga tanya jawab oleh para mahasiswa baru terhadap para seniornya. Sesi pengenalan ini akan dilanjutkan kembali pada 12 dan 19 September 2020.

Pada hari ketiga, terdapat sesi pengenalan seluruh organisasi kemahasiswaan yang terdapat di UNPAR, yakni BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), Senat Mahasiswa, Badan Pemeriksa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Selain kegiatan akademik, UNPAR juga memperoleh sejumlah prestasi non-akademik yang mayoritas berasal dari UKM. Hal ini ditunjukkan dalam Video Parade UKM. Pada sesi siang, karena keterbatasan sosial yang harus dilaksanakan, para mahasiswa baru diajak berkeliling UNPAR secara virtual melalui Video Blog Tour Campus yang mengenalkan mahasiswa baru akan fasilitas yang dapat dipakai di UNPAR setelah pandemi berakhir. Setelah itu, seluruh rangkaian acara ditutup oleh Rektor UNPAR.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SIAP, klik tautan link berikut ini.