Prestasi Mahasiswa Pada Ajang MCM 2017

Mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Matematika, Fisika, dan Teknik Informatika Universitas Katolik Parahyangan kembali memperoleh prestasi internasional yang cukup membanggakan dalam ajang Mathematical Contest in Modelling (MCM) 2017. Satu tim yang terdiri dari Arvin Cansius (Matematika), Muhammad Arifin Dobson (Fisika), dan Dini Widiana (Fisika) berhasil meraih predikat Honorable Mention dalam kompetisi tersebut. Sedangkan tim yang terdiri atas Meutia Wulansatiti Nursanto (Fisika), Delvydo Melvernaldo (Fisika), dan Devi Handevi (Teknik Informatika) mendapatkan predikat Successful Participant.

 

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 8834 tim dari berbagai negara ini, para peserta diminta memilih salah satu dari beberapa permasalahan yang bersifat open problem. Dalam waktu 72 jam, para peserta harus dapat memberikan solusi dari permasalahan tersebut dengan menggunakan model matematika dan mempresentasikannya dalam bentuk makalah. Dalam kompetisi ini, Arvin, Arifin, dan Dini memilih permasalahan mengenai bentuk dari lajur-lajur gerbang tol yang dapat meminimalisasi kemacetan. Meutia, Delvy, dan Devi mengerjakan persoalan mengenai reparasi waduk di sungai Zambesi di Afrika.

 

Hasil yang diraih oleh para mahasiswa-mahasiswi ini merupakan peningkatan dari hasil yang didapat pada tahun lalu. Selain itu predikat Honorable Mention ini menempatkan tim dari Universitas Katolik Parahyangan setara dengan hasil terbaik dari tim-tim dari perguruan tinggi negeri di Indonesia. Selamat kepada kedua tim atas prestasinya.

 

X