Kurikulum

Pengajaran di Program Studi Matematika UNPAR diarahkan pada Matematika Terapan dengan fokus penerapan pada bidang Rekayasa Keuangan (Matematika Keuangan dan Matematika Asuransi) serta Matematika Industri. Program studi menyediakan berbagai mata kuliah pilihan yang dapat menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di bidang matematika keuangan, matematika asuransi dan juga matematika industri. Untuk mahasiswa yang merencanakan untuk studi lanjut di bidang matematika, tersedia mata kuliah pilihan matematika teori (Analisis dan Aljabar) yang akan membekali mereka agar dapat mengikuti studi lanjut program magister matematika dengan baik. Program studi juga menyelenggarakan beberapa mata kuliah pilihan bidang pendidikan matematika, sehingga dapat menjadi bekal untuk lulusan yang berminat bekerja di bidang pendidikan matematika.

MATEMATIKA INDUSTRI

Matematika saat ini banyak digunakan di bidang industri untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif dan membangun sistem yang lebih produktif, diantaranya untuk optimasi proses dan pengendalian kualitas. Program Studi Matematika menyediakan beberapa mata kuliah yang membahas penerapan matematika antara lain : Model Stokastik, Kontrol Optimum, Pengendalian Mutu, Teori Permainan dan lain sebagainya.

REKAYASA KEUANGAN

Matematika Asuransi:

Penerapan matematika di bidang asuransi antara lain untuk memperkirakan besar santunan yang disediakan oleh perusahaan asuransi, besarnya premi yang harus dibayar pemegang polis dan juga jenis investasi yang digunakan untuk mengembangkan aset yang dimiliki oleh perusahaan asuransi. Karena itu, tenaga ahli matematika yang memiliki kemampuan akademis dan pengembangan diri yang baik dibutuhkan oleh perusahaan asuransi. Kurikulum ini mengacu pada beberapa mata ujian yang disyaratkan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dalam ujian profesinya, sehingga diharapkan mahasiswa yang sudah mengambil kuliah di kurikulum ini dapat langsung mencoba mengambil ujian yang diadakan dua kali setiap tahun oleh PAI. Program studi menyediakan mata kuliah yang menunjang, antara lain : Matematika Asuransi, Pengantar Ekonomi, Teori Risiko, Metode Statistika Asuransi dan lain sebagainya.

Matematika Keuangan:

Salah satu penerapan matematika yang sedang berkembang pesat saat ini adalah di bidang keuangan dan pasar modal. Selama 20 tahun terakhir ini, produk-produk keuangan seperti : option, futures, forward contract, swap; diperdagangkan secara luas pada pasar yang terorganisir. Matematika keuangan akan mempelajari mangenai model-model perge rakan aset; dasar teori, penentuan harga dan aplikasi produk-produk keuangan; manajemen portofolio dan resiko dan lain-lain; yang didukung oleh pemanfaatan teknologi komputerisasi dalam menyelesaikan permasalahan dan membangun pemahaman. Beberapa mata kuliah yang menunjang, antara lain: Kalkulus Keuangan, Komputasi Keuangan, Teori Manajemen Investasi, dan lain-lain.

X