Kompetisi Matematika

Kompetisi Matematika (Komat) tingkat SMP dan SMA se-Jawa, Bali dan Sumatera,  semula bernama Kompetisi Matematika dan Fisika dan pertama kali diselenggarakan pada tahun  1995. Kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun oleh HMPS Matematika UNPAR bekerjasama dengan Program Studi Matematika UNPAR dan sekarang hanya mencakup kompetisi matematika tingkat SMP dan SMA dengan lingkup  Jawa, Bali dan Sumatera. Kompetisi ini biasanya diselenggarakan setiap bulan November. Komat UNPAR diselenggarakan sebagai sarana untuk mempopulerkan matematika dikalangan siswa sekolah menengah. Peserta kompetisi tingkat SMP berupa tim yang terdiri dari 2 (dua) orang, sedangkan peserta kompetisi tingkat SMA berupa perorangan.

Soal babak perempat final Komat UNPAR berupa pilihan ganda dan esai. Pengumpulan jawaban secara online ini  dan biasanya ditutup pada minggu pertama bulan Oktober. Soal babak perempat final berupa pilihan ganda, sedangkan babak semifinal berupa esai. Babak final akan diikuti oleh 5 (lima) tim terbaik. Finalis harus menyelesaikan soal esai, kemudian mempresentasikan dan mempertahankan jawaban di hadapan 3 (tiga) orang juri. Para pemenang akan memperoleh piala, medali, dan sejumlah uang.

Pada tahun 2018, Kompetisi Matematika UNPAR ke-23 yang bertemakan “Ocean” diselenggarakan pada 9-10 November 2018. Untuk lebih detilnya, dapat dibuka pada tautan berikut ini.

 1  2  kompetensi matematika 3