Kompetisi Matematika UNPAR 2017

Pada hari Jumat-Sabtu, 3-4 November 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika dan Program Studi Matematika Universitas Katolik Parahyangan menyelenggarakan Kompetisi Matematika UNPAR 2017 untuk tingkat SMP dan SMA se-Indonesia.

Kompetisi Matematika tahun ini mengusung tema “EXPLORE”. Explore yang dalam bahasa Indonesia berarti menjelajahi, menjadi semangat bagi panitia untuk terus mengembangkan masyarakat, terutama para pelajar tingkat menengah yang merupakan cikal bakal munculnya para inovator. Panitia berharap agar para generasi muda semakin tertarik dalam ‘menjelajahi’ ilmu matematika, yang jika dipelajari lebih dalam akan sangat membantu untuk melatih pola pikir dan menyelesaikan masalah-masalah dengan lebih baik.

Acara pembukaan berlangsung di Aula Fakultas Ekonomi UNPAR pada hari Jumat, 3 November 2017 dan dibuka oleh Rektor Universitas Katolik Parahyangan, Bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. Acara di hari Jumat pagi ini dimulai dengan babak perempat final tingkat SMP dan SMA, yang diikuti oleh 35 kelompok SMP dan 67 peserta SMA. Pada hari Jumat siang berlangsung babak semifinal yang diikuti oleh 20 kelompok peserta SMP dan 30 peserta tingkat SMA.

Pada hari pertama kompetisi ini juga diselenggarakan sebuah workshop dengan tema “The Pearl of Mathematics Olympiad” dengan pembicara Anton Wardaya. Workshop ini berisi pemecahan soal- soal olimpiade matematika secara cerdas dan kreatif, sebagai salah satu upaya dalam menyebarkan paradigma baik pada masyarakat bahwa matematika adalah hal yang menyenangkan.

Pada hari Sabtu, 4 November 2017 babak final berlangsung di Gedung 9 Lantai 1, dan diperoleh hasil sebagai berikut:

Tingkat SMP:

Juara I: Edgar Sulaeman dan Fernando Nathaniel Sutanto (SMP Santa Maria Cirebon)

Juara II : Sydney Tjandra dan Steven Nathanael Mulyadi (SMP Santa Laurensia)

Juara III : Felice Fisichella dan Jerrel Marvel (SMP Harapan Kasih Bandung)

Juara IV : Mathew Marchel Lim dan Paulus Chandra (SMP Bintang Mulia Bandung)

Juara V : Rafi Rizqy Firdaus dan Muhamad Farhan Syakir (SMP Darul Hikam Bandung)

Tingkat SMA

Juara I : Leonardo Irvin Pratama (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta)

Juara II : Hans Kristian (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta)

Juara III :Bennet Clement (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta)

Juara IV : Igantius Alvin Wijaya (SMA Santa Laurensia)

Juara V : Jessica Belicia Cahyono (SMA Santo Aloysius 1 Bandung)