Dosen Wali

Setiap mahasiswa program studi Matematika akan didampingi oleh seorang dosen wali selama studinya. Untuk menentukan mata kuliah apa saja yang akan diambil, mahasiswa wajib berkonsultasi dengan dosen wali. Bersama dosen wali, mahasiswa dapat merundingkan penerapan pedoman di atas ini bagi dirinya, dengan memperhatikan berbagai keadaan yang berlaku.

Masa perwalian juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mendiskusikan masalah akademik dan non-akademik yang dirasakan dapat mengganggu studi mahasiswa yang bersangkutan di Matematika. Namun perlu diperhatikan bahwa dosen wali hanya bertindak sebagai pemberi saran berdasarkan pengalamannya. Penyelesaian masalah sepenuhnya berada di tangan mahasiswa yang mengalaminya.

Pendaftaran Matakuliah

Setelah menentukan matakuliah apa saja yang akan diambil, maka mahasiswa harus mendaftarkan matakuliah-matakuliah dengan cara mengisi Form Rencana Studi (FRS). Pengisian FRS ini dilakukan secara online dengan menggunakan portal mahasiswa (masuk ke url https://mhs.akad.unpar/), login menggunakan username dari account student masing-masing. Pengisian FRS ini dapat dilakukan oleh mahasiswa sendiri atau bersama-sama dengan dosen wali pada saat perwalian (tergantung aturan dari masing-masing prodi).

Dosen wali akan memeriksa FRS yang telah diisi oleh mahasiswa walinya. Jika dosen wali merasa tidak ada masalah dengan rencana studi mahasiswa walinya, maka dosen wali akan memberikan persetujuan.

Mahasiswa akan menerima email yang berisi informasi tentang hasil registrasi matakuliah (yang sudah disetujui dosen wali). Mahasiswa wajib memeriksa email konfirmasi ini. Jika ada kesalahan atau perbedaan yang terjadi, mahasiswa harus segera melaporkannya ke dosen wali.

Jika karena sesuatu hal mahasiswa tidak dapat mengikuti tahap perwalian dan perencanaan studi, maka mahasiswa tersebut dapat diwakilkan oleh mahasiswa FTIS UNPAR, dengan mengisi formulir terkait di Tata Usaha FTIS. Jumlah beban maksimum untuk perwalian dan perencanaan studi yang diwakilkan adalah 10 sks. Tata cara perwalian dan perencanaan studi yang diwakilkan tetap mengikuti prosedur di atas.

Tahap Perkuliahan Awal

Kuliah, responsi, dan praktikum perdana adalah penting, karena pada umumnya dosen menjelaskan berbagai tata cara, bobot penilaian dan tata tertib pelaksanaan kegiatan perkuliahan terkait. Karena itu hendaknya mahasiswa telah hadir sejak awal perkuliahan ini. Jika terpaksa tidak hadir karena sesuatu hal, mahasiswa perlu segera menanyakan tata cara dan tata tertib tersebut kepada dosen atau rekan mahasiswa yang mempunyai catatan yang lengkap.

Perubahan Rencana Studi

Jika selama satu minggu pertama kuliah, mahasiswa hendak mengubah rencana studi yang telah dilakukan, maka mahasiswa tersebut perlu mengikuti tahap perubahan rencana studi. Namun disarankan agar mahasiswa berusaha sedapat mungkin menghindari tahap perubahan rencana studi ini, karena cenderung merugikan diri sendiri dari segi waktu maupun efisiensi studi.

X